Mahasiswa Fakultas Hukum Unissula Ikuti PPL di LBH Rupadi

SEMARANG (iPOLICENews) -Tiga mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) belajar praktik dan teori tentang advokat di Lembaga Bantuan Hukum Rumah Pejuang Keadilan Indonesia (LBH Rupadi).

Mereka belajar dalam kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan), antara lain Izza Sofia Arief Hanun (21), M. Mustola Fuad (22) dan M. Fiqih Maulana (23).

Adapun pelajaran yang mereka terima mulai dari membuat kuasa, eksepsi, pembelaan, somasi, gugatan, rilis media, keperpustakaan, podcast, hingga terjun langsung dalam setiap season persidangan, dan banyak lagi. Mereka digembleng ilmu sejak bulan Agustus hingga September 2021.

“Kami menerima banyak ilmu baru dan banyak pengalaman dalam ilmu hukum di Indonesia. Apalagi awalnya kami juga tidak begitu berekspetasi akan adanya banyak ilmu dan pengalaman ini, tetapi kami salah presepsi, karena sejak pertama datang di LBH Rupadi langsung disambut dengan kehangatan dan ramahnya para pembimbing mahasiswa PPL,” kata Kordinator Mahasiswa PPL Unissula, M. Fiqih Maulana, Kamis (2/9/2021).

Menariknya, kata Fiqih, saat hari pertama PPL, timnya sudah diajak mengikuti dan melihat kegiatan persidangan yang perkaranya sedang didampingi LBH Rupadi, di Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

Menurutnya, timnya juga diajarkan banyak materi tentang ilmu hukum yang ada di Indonesia, sehingga bisa menambahkan wawasan.

“Jadi kebanyakan materi yang diajarkan tidak ada dalam perkuliahan di prodi kami. Selain diajak di PN dan diberikan materi di kantor, kami juga sering diajak mengawal kasus yang tengah ditangani LBH Rupadi seperti ke kantor Polda Jateng untuk mengawal kasus yang ditangani,” ungkapnya.

Diakuinya magang di LBH Rupadi banyak ilmu dan pengalaman yang diperoleh, termasuk kehangatan dan ramahnya para pembimbing.

Timnya mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih karena dapat melaksanakan kegiatan PPL di LBH Rupadi. Sehingga dapat dijadikan sebagai bekal untuk kedepannya, dan tentunya dapat mengimplementasikan segala ilmu dan pengalaman tersebut dalam kegiatan yang bersinggungan dengan hukum di Indonesia ini.

“Kami ingin LBH Rupadi selalu semangat dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan keadilan,” ujarnya.

Kepala Kesekretariatan LBH Rupadi, M. Alfin Aufillah Zen, menyambut baik setiap ada mahasiswa yang ingin melakukan penelitian, magang, maupun praktik di kantornya.

Dirinya menyatakan siap melakukan kerja sama dengan berbagai kampus maupun instansi dimanapun. Dengan begitu pendampingan bagi masyarakat pencari keadilan juga bisa diberikan maksimal.

Adapun dalam kegiatan PPL itu, pihaknya menerjunkan para advokat, akademisi, pengusaha dan aktifis pergerakan yang sama-sama bernaung di LBH Rupadi untuk berbagi ilmu kepada para mahasiswa.

“Semoga bekal ilmu yang kami berikan bermanfaat. Dalam PPL kami kombinasikan antara praktik dan teori, jadi ada pelatihan ada tugas dan ada teori. Kami senang dengan kehadiran mereka. Saat ini kami kedatangan mahasiwa dari Unnes, Unwahas dan Unissula,” jelasnya. (Nn)

 

Halaman ini telah dilihat: 45 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *