Antisipasi longsor di Musim Hujan Pemdes Telaga Bantarkawung Bersama Warga Kerja Bakti

BREBES (iPOLICENews) – Antisipasi Terjadinya longsor Musim hujan, Pemerintah Desa ( Pemdes ) Telaga kecamatan Bantarkawung kabupaten Brebes Jateng bersama warga mengadakan kegiatan kerja bakti pada Minggu ( 7/1/2024).

Kerja bakti melibatkan puluhan warga dukuh Pager Gunung desa Telaga menebangi Pohon di pinggiran jalan desa dan membersihkan Parit untuk kelancaran saluran air di tepian jalan tersebut, sehingga saat hujan turun tidak menghambat aliran air dan tidak meluap ke jalan.

Menurut Kepala desa Telaga Haji Rosad yang di temui di sela sela kerja Bahri kepada Police News mengatakan, musim penghujan biasanya diikuti dengan banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan beberapa permasalahan lainnya.

” Di desa Telaga tidak berpotensi banjir karena daerah pengunungan, tapi untuk bencana longsor bisa saja terjadi, untuk mengantisipasi longsor di tepian jalan, Pemdes Telaga mengajak masyarakat untuk melakukan giat kerja bakti, membersihkan Solokan dan menebang pohon di tepian jalan. ” Tutur Haji Rosad.

Diungkapkan Rosad, kerja bakti di rencanakan setiap hari Minggu di jalan dukuh Pager Gunung sampai perbatasan desa Pengebatan Kecamatan Bantarkawung Sepanjang sekitar 3 km dengan lebar 250 cm. membersihkan selokan, parit yang ditumbuhi tanaman liar serta Pohon yang tumbuh dipinggir jalan.Hal ini dilakukan untuk menghindari luberan air hujan akan menggenangi ruas jalan dan pohon yang tumbuh di pinggir jalan membebani tanah di pinggiran sehingga dapat terjadi longsor kejalan.

” Kami bersama warga membersihkan lingkungan. Jangan sampai nanti ketika hujan turun akan terjadi masalah parit mampet dan pohon tumbang karena sebelumnya tidak dipangkas,” tandasnya. ( Al/IPN )

Halaman ini telah dilihat: 28 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *