Pj. Bupati Brebes.Drainase Tidak Berfungsi Waspadai Potensi Banjir Di Perkotaan

BREBES (iPOLICENews) – Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum mengingatkan kepada warga masyarakat untuk mewaspadai banjir perkotaan. Pasalnya masih banyak drainase yang tidak berfungsi yang mengakibatkan mampatnya saluran air sehingga berpotensi banjir. Untuk itu, diharapkan warga dengan sukarela kerja bakti menguras selokan dan drainase agar air lancar mengalir.

“Potensi banjir di wilayah kota Brebes, di lima kelurahan semuanya berpotensi banjir,” kata Iwanuddin saat dialog dengan Lurah dan Camat di Pendopo Bupati, Minggu (7/1/2024) malam.

Kata Iwan, pemerintah juga akan terus turun tangan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Brebes untuk mengeruk drainase skala besar yang mampat.
“Progres ini harus dicek betul-betul apabila dalam waktu seminggu tidak ada eksekusi, langsung disampaikan kepada saya,” tandas Iwan kepada para lurah dan Camat Brebes Asih Pambudi.

Selain itu, Iwanuddin mengingatkan kepada para lurah untuk lebih gencar mensosialisasikan pentingnya pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Juga Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), karena potensinya sangat besar, namun sayangnya banyak perumahan yang tidak mematuhi PBG. Yang tidak kalah penting, camat dan lurah harus memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat diwilayahnya.

Iwanudin juga berharap para camat dan lurah sebagai ASN untuk menjaga netralitas pada gelaran pemilihan umum tahun ini. Jaga suasana yang kondusif dan aman agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.

Camat Brebes Asip Fauzan beserta para lurah diwilayahnya mengaku siap dengan instruksi langsung dari Penjabat Bupati Brebes.

“Sebagai ASN bukan untuk dilayani tapi harus bisa melayani masyarakat secara prima, kita harus siap 24 jam untuk membantu program–program pemerintah,” ungkap Asip.

Terkait masalah PBB, Asip mengikstruksikan langsung kepada para lurah agar seoptimal mungkin dalam penderasan penerimaan PBB sesuai dengan yang ditargetkan.

Untuk masalah banjir, Asip mengaku akan berusaha semaksimal mungkin agar para lurah, kades dan warga di wilayah Kecamatan Brebes bergotong-royong agar banjir dapat diatasi.
Hadir dalam dialog tersebut Lurah Brebes, Limbangan Kulon, Limbangan Wetan, Gandasuli dan Pasarbatang serta Camat Brebes. ( Al/IPN )

Halaman ini telah dilihat: 27 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *