Satlantas Polres Sragen Razia Knalpot Brong, 25 Sepeda Motor Ditindak

SRAGEN (iPOLICENews) – Puluhan kendaraan bermotor berknalpot brong terjaring razia yang digelar Satuan Lalu Lintas Polres Sragen, bertempat di simpang 4 transito Karangmalang Sragen, pada Jumat, 5 Januari 2024.

Penindakan knalpot tidak sesuai spesifikasi tehnis (bising/ brong) itu sendiri seperti disampaikan Kasat Lantas Polres Sragen AKP Mustakim dalam keterangannya mewakili Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam, sebagaimana dimaksud pada Maklumat Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Nomor: Mak/1/X/2023 tentang larangan penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi tehnis ( bising/ brong) di wilayah Hukum Polda Jawa Tengah.

Kegiatan dipimpin Kasat Lantas AKP Mustakim diikuti Kaurbinops Lantas Iptu Irwan Marviyanto dan sejumlah perwira Satuan Lalu Lintas serta puluhan anggota Satuan lalu lintas.

” kegiatan ini selain untuk memberikan efek jera, juga sebagai sanksi administrasi berupa teguran dan penindakan tilang atas pelanggaran menggunakan knalpot brong atau knalpot tidak sesuai spesifikasi tehnis, yang mengganggu ketertiban umum serta mengakibatkan dampak lingkungan,” terang AKP Mustakim, Senin, (08/01/2024).

“Ada sebanyak 25 sepeda motor berknalpot brong yang ditindak dan sebanyak 18 sepeda motor diantaranya, terpaksa harus dibawa ke Mapolres Sragen untuk ditertibkan, karena harus diganti dengan knalpot standar asli di Polres Sragen dengan pengawasan petugas, “ tambahnya.

“Pemasangan Knalpot bising/ brong terancam hukuman sebagaimana dimaksud Pasal 285 ayat (1) jo Pasal 106 ayat 3 UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angktan Jalan dengan sanksi kurungan paling lama 1 bulan, denda paling banyak Rp 250.000, “ tandas AKP Mustakim.

AKP Mustakim menegaskan bahwa penindakan penggunaan knalpot brong untuk kendaraan ini sendiri dilakukan jajaran Kepolisian untuk menciptakan suasana menjelang Pemilu 2024, khususnya tahap kampanye agar berlangsung tertib, aman dan damai, khususnya di kabupaten Sragen. (JS/IPN)

Halaman ini telah dilihat: 27 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *