Anggota Kodim 0713 Brebes Asah dan Uji Ketrampilan Prajurit Kewilayahan

BREBES (iPOLICENews) – Kodim 0713 Brebes Korem 071/Wijayakusuma menggelar ujian kemampuan militer selama dua hari (22-23) di Desa Songgom, Brebes, Jawa Tengah. Jumat (23/02/2024).

Dijelaskan Dandim 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si melalui Pasiter Kapten Arh Suryadi, SH selaku Danlat UTP teritorial, latihan diikuti oleh seluruh anggota di 17 Koramil jajaran Kodim Brebes.

“Ini adalah Uji Terampil Perorangan (UTP) umum teori maupun praktek, dimana kegiatan ini untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan dari masing-masing prajurit sesuai jenjang kepangkatannya, setelah bulan Januari 2024 lalu melaksanakan Latihan Perorangan Dasar (Latorsar),” bebernya.

Lanjutnya, rutinitas tahunan yang disesuaikan dengan kalender latihan dari Kodam IV Diponegoro ini, juga untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dari masing-masing prajurit teritorial Kodim Brebes, termasuk yang bertugas sebagai prajurit intelijen, sehingga tugas dan tanggung jawab dari masing-masing prajurit dapat dilaksanakan/diaplikasikan di lapangan secara maksimal. Untuk mekanisme latihan terampil perorangan ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Babinsa dan kelompok unit intel terdiri dari 11 Pos sesuai kemampuan perorangan masing-masing, dimana para prajurit akan melewati beberapa pos dan rute yang telah ditentukan

“Untuk materi UTP Intelijen dilaksanakan secara khusus, walaupun di satuan teritorial yaitu Kodim dan Koramil, para Babinsa adalah prajurit TNI yang harus memelihara dan meningkatkan kemampuannya sebagai prajurit,” imbuhnya.

Kegiatan latihan militer awal tahun ini akan bertingkat dan berlanjut ke tahap selanjutnya, dimana ke depan akan dilaksanakan Latorjab (Latihan Perorangan Jabatan) dan dilanjutkan dengan UTP Jabatan.

Ia juga berpesan kepada seluruh prajurit agar melaksanakan kegiatan ini dengan rasa tanggung jawab dan penuh semangat namun juga kita utamakan faktor keamanan serta latihan dianggap berhasil apabila dari awal sampai akhir tidak ada permasalahan atau tidak ada hal- hal yang tidak diinginkan pungkasnya. ( Al/ IPN )

Halaman ini telah dilihat: 9 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *