Jalan Penghubung Desa Tergerus Arus Sungai, Ekonomi Warga Salem Terancam

BREBES (iPOLICENews) – Jalan kabupaten penghubung utama Desa Ciputih dengan Desa Gandoang, Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tergerus air Sungai Cigunung, akibatnya  terjadi longsor dan nyaris putus. Jalan aspal tersebut longsor sepanjang 30 meter setelah tergerus arus Sungai Cigunung, Rabu (08/12/21) kemarin.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, longsor akibat hujan deras membuat arus Sungai Cigunung yang berada di sebelah jalan tersebut meluap dan menggerus tebing jalan.

“Mulai pukul 15.00 WIB hujan terus deras hingga malam hari, dan jalan mengalami longsor sekira pukul 17.30 WIB,” ujar Pjs Danramil Salem, Pelda Rakhmat Wahyudi.

Tebing jalan ambrol sampai pada bagian badan jalan akibat gerusan arus sungai yang mengalir deras. Titik longsor tepatnya di blok Lemahlaki. Jalan tersebut merupakan penghubung utama Desa Gandoang dan Kadumanis menuju Desa Ciputih dan kota Kecamatan Salem.

“Badan jalan hanya tersisa beberapa meter, sehingga hanya dapat dilwati kendaraan roda dua dan pejalan kaki,” ungka Rakhmat.

Kerugian materi akibat bencana alam ini masih dihitung, namun akibat longsor ini transportasi warga di dua desa, yakni Gandoang dan Kadumanis menjadi terhambat.

Kendaraan roda empat atau mobil tidak dapat melintas, diperkirakan akan berdampak pada perekonomian warga. Hasil bumi yang sulit diangkut dan biaya transportasi membengkak karena menggunakan ojek atau sepeda motor. (AL)

Halaman ini telah dilihat: 87 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *