Pendidikan Pertama Bintara TNI-AD TA 2021 Kodam IV Resmi Dibuka

MAGELANG (iPOLICENews) – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto resmi membuka Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI-AD TA 2021 di Lapangan Secaba Rindam IV/Diponegoro, Sabtu (25/9/2021).

Dalam pelaksanaan pembukaan, Inspektur Upacara diwakili oleh Wadan Rindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Fajar Nugroho.

Melalui amanat yang dibacakan Wadan Rindam, Rudi mengucapkan selamat kepada para prajurit siswa yang telah lulus dan terpilih untuk mengikuti pendidikan.

Menurutnya, keberhasilan yang telah dicapai merupakan suatu kebanggaan sekaligus kehormatan yang harus disyukuri dan dipertanggungjawabkan.

“Ikuti pendidikan ini dengan serius, sepenuh hati yang disertai tekad maupun semangat, guna menyelesaikan seluruh program pendidikan yang telah dijadwalkan,” tandas Rudi.

Rudi juga menekankan kepada seluruh prajurit siswa agar mulai merubah pola pikir, sikap maupun tingkah laku, sesuai dengan kehidupan seorang prajurit TNI-AD yang terikat dengan tradisi, tata tertib maupun peraturan yang harus dilaksanakan dengan penuh kedisiplinan, kebersamaan dan kesiapan dalam menghadapi tantangan tugas.

Disampaikan bahwa seorang prajurit juga dituntut untuk memiliki loyalitas dan kesetiaan kepada bangsa dan Negara, termasuk didalamnya lebih mengutamakan kepentingan bangsa maupun Negara diatas kepentingan pribadi maupun golongan.

“Setelah menyelesaikan pendidikan, kalian akan menjadi pemimpin satuan setingkat Komandan Regu (Danru) yang memiliki tugas serta tanggung jawab yang cukup besar, sehingga kemampuan dalam bidang pengetahuan umum maupun taktis dan teknis militer harus bisa kalian kuasai,” tuturnya.

Disebutkan, Bintara merupakan tulang punggung satuan, sehingga kalian harus mampu mencerminkan sebagai sosok yang profesional dan mempunyai teladan yang patut dicontoh, sebab Bintara adalah motor penggerak satuan.

”Siapkan fisik dan mental yang kuat agar pendidikan pertama ini dapat dicapai sesuai harapan. Ingat, dengan menguasai ilmu, kalian akan berani menantang segala ketidakmungkinan, dan jika ilmu tidak kalian kuasai maka akan menjelma menjadi sebuah ketakutan,” ungkapnya.

Ditekankan bahwa selama mengikuti pendidikan, seluruh prajurit siswa harus mengikuti segala ketentuan yang berlaku, fokus dalam pelaksanaannya, dan tidak perlu memikirkan biaya. Sebab semuanya ditanggung oleh negara. Dan yang paling penting hindari pelanggaran sekecil apapun.

“Selama pelaksanaan pendidikan, penerapan protokol kesehatan juga harus selalu diterapkan dalam setiap kegiatan, sebab saat ini kita masih menghadapi pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara Kabaglat Rindam IV/Diponegori, Kolonel Inf Marwan Supriyanto S.Sos, Waaspers Kasdam IV/Diponegoro, Letkol Kav Minarso, dan para pejabat Rindam IV/Diponegoro. (Pendam IV/Diponegoro/Nn)

 

Halaman ini telah dilihat: 23 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *