Peringati Sumpah Pemuda, Bupati “Pemuda Harus Jadi Perekat Persatuan Bangsa”

KENDAL (iPOLICENews) – Hari Sumpah Pemuda ke 93 kali ini dengan tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Hal itu sampaikan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto B.Sc saat menjadi Inspektur Upacara pada Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021 di Pantai Indah Kemangi, Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung, Kamis (28/10/21).

“Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” lanjut Bupati Dico menyampaikan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. Zainudin Amali, M.Si.

Ia berpesan, momentum Hari Sumpah Pemuda harus mampu menjadi perekat persatuan sebagai Bangsa untuk bersama-sama Bangkit melawan Pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda.

Dico juga menyampaikan, persatuan menjadi syarat mutlak sebuah loncatan perubahan dan menghadapi berbagai tantangan. Ke depan, tantangan bagi bangsa Indonesia khususnya bagi para pemuda tentunya tidak semakin ringan, akan tetapi dengan komitmen bersatu dalam keragaman menjadi modal sosial dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan bangsa ke depan.

Dismapaikan bahwa Penanganan Covid-19 menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan, pencapaian ini tentunya bukan saja kerja pemerintah sendiri, akan tetapi partisipasi seluruh lapisan masyarakat terutama peran para relawan, ketaatan masyarakat terhadap protokol kesehatan dan juga kerja keras para tenaga medis.

Pencapaian penanganan Covid-19 ini menjadi momentum bangsa Indonesia segera bergerak tumbuh secara ekonomi khususnya ekonomi yang mendorong kemandirian Pemuda dalam mensejahterahkan diri dan selanjutnya memberikan dampak pada kesejahteraan bahgsa Indonesia secara keseluruhan, terutama memulihkan kondisi ekonomi para pemuda sebagai segemen yang paling terdampak oleh situasi Covid-19 ini, ” jelas Dico

Sementara disampaikan oleh Ketua KNPI Kendal, H. Parno, SPdi, MH pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Kabupaten Kendal dipusatkan di Pantai Indah Kemangi (PIK). Berbagai kegiatan dilakukan, seperti Jambore Pemuda Kendal tahun 2021 selama dua hari yang diikuti oleh diikuti 100 peserta yang terdiri dari perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Organisasi Kepemudaan (OKP) dibawah naungan KNPI dan para pelajar.

“Selain itu, juga ada pameran prestasi karya pemuda, pagelaran budaya asli Kendal, dan ditutup dengan upacara Hari Sumpah Pemuda,” tambah Ketua KNPI Kabupaten Kendal. (KS)

Halaman ini telah dilihat: 5 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *