DINKOP-UKM Jateng Bekali UKM Lewat Program Ngucing

SEMARANG (iPOLICENews) – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop-UKM) Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan ngobrol usaha mancing ilmu (Ngucing) bersama pelaku UKM di Jateng. Hal itu bertujuan untuk membekali starategi usaha di tengah pandemi. Kegiatan tersebut yang sudah berjalan ke-41 ini, Dinkop-UKM Jateng mengusung tema UMKM Naik Kelas, Offline Oke! Online Oke!.

“Kegiatan hari ini memang kami mengusung tema terkait pemasaran produk. Sebab berdasarkan aduan yang kami Terima dari para pelaku UKM, saat pandemi permasalahan yang dihadapi mereka adalah pemasaran. Jadi ini tadi kami datangkan narasumber yang kompeten ada yang dari marketplace, kemudian ada yang dari jasa pengiriman, dan pemasaran offline juga ada,” kata Konsultan UKM Dinkop-UKM Jateng, Arif Budianto, Kamis (4/11/2021).

Arif Budianto mengungkapkan, program ini dilaksanakan secara rutin berdasarkan permasalahan pelaku UMK.  Tentunya, permasalahan itu yang akan digunakan tema kegiatan tersebut.

“Minggu depan, kami juga akan mengadakan lagi, temanya terkait akses permodalan yang mudah. Sebab banyak yang konsultasi dengan kami perihal permodalan. Makanya kami agendakan kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kegiatan pada pekan depan bakal mengundang narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Seperti narasumber dari perbankan terkait permodalan kredit usaha rakyat (KUR).

Selain itu narasumber dari bidang pajak juga kami hadirkan, untuk mendampingi perpajakan mereka (Pelaku UKM). Intinya kami dari Dinkop-UKM Jateng berupaya memfasilitasi untuk membantu setiap permasalahan yang dihadapi saat ini oleh pelaku UKM,” jelasnya.

Kendati demikian,  Arif Budianto membeberkan animo pelaku UKM sangat antusias mengikuti program tersebut. Hal itu dibuktikan adanya peserta datang dari berbagai daerah. Misalnya Kota Semarang,  Kabupaten Semarang,  Brebes, Rembang, Batang, dan Salatiga.  Adanya hal tersebut, ia berharap dari kegiatan yang diselenggarakan bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM yang terpilih menjadi peserta.

“Kami harap dengan adanya kegiatan ini mereka bisa mendapatkan pengetahuan baru dalam rangka mengembangkan usahanya, atau bahkan bisa melahirkan solusi terhadap permasalahan usaha yang sedang mereka hadapi,” ucapnya.

Sementara itu, Tri Wilujeng (45) selaku peserta kegiatan mengaku, dirinya merasa mendapatkan pengetahuan baru terkait pemasaran online. Meskipun kegiatan ini berlangsung sekitar tiga jam,  Namun  Tri Wilujenh merasa sangat motivasi melalui Ngucing ke -41.

“Apa yang disampaikan pemateri sangat memotivasi saya untuk memulai memasarkan produk kripik wader buatan saya lewat online. Karena memang sementara ini saya jualannya masih offline, ini nanti sampai rumah coba saya praktikkan apa yang diajarkan tadi,” paparnya.

Halaman ini telah dilihat: 17 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *