Antisipasi Bencana, Ratusan Warga Desa Banjarsari Ikuti Padat Karya

BUMIAYU (iPOLICENews) – Ratusan  warga Desa Banjarsari, Kecamatan Bantarkawung, Kota Brebes mengikuti  Padat Karya Tunai Desa (PKTD) membuat saluran air di tepi jalan dukuh Terikembing Dan Dukuh Pewangunan desa Banjarsari. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana pada musim penghujan ini.

Kepala Desa Banjarsari, Armas S.Pd, yang ikut serta memimpin pelaksanaan PKTD di jalan menuju Dukuh Terikembing mengungkapkan, jika pembangunan Talud  badan  jalan sepanjang 37 meter dan saluran air tepi jalan sepanjang 725 meter menelan biaya Rp 83,2 juta. Dana itu diambil dari Dana  Desa 2021.

Menurutnya, jalan itu selalu becek dan licin pada musim hujan tidak hanya itu, dampak air hujan yang membawa bongkahan tanah jatuh ke jalan, dapat membahayakan warga yang menggunakan kendaraan roda dua.

“Pembangunan saluran air tepi badan jalan juga di lakukan PKDT di jalan menuju Dukuh Pewangunan sepanjang 430 meter dengan biaya dari Dana Desa sejumlah Rp 41,8 juta. PKTD di dua pedukuhan ini melibatkan 559 orang pekerja,” ungkap Armas. Kamis (11/11/21)

Armas juga menjelaskan, desanya di kelilingi perbukitan dan hutan Pinus kawasan BKPH Bantarkawung, akses menuju pedukuhan Terikembing dan Pewangunan selain tepi pegunungan juga terdapat tebing yang curam.

“Dengan adanya pembangunan saluran di tepi badan jalan ini akan sangat bermanfaat, air hujan bisa terbuang melalui saluran, juga longsoran tanah yang terkikis bisa terbawa air ke saluran pembuang ke sungai.” pungkasnya. (AL)

Halaman ini telah dilihat: 43 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *