UKW PWI Jateng, Tantangan Jurnalis Untuk Sebuah Profesi

REMBANG (iPOLICENews) – Eksistensi dunia jurnalistik saat ini mempunyai tantangan besar. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang belum selesai. dengan banyaknya sumber informasi membuat efek informasi sendiri menjadi ‘mata pisau”. Masyarakat sering sekali mendapatkan informasi yang kredibilitasnya tidak bisa di pertanggungjawabkan.

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Jawa Tengah, bekerjasama dengan PT Semen Gresik di Hotel Polos Rembang, yang dimulai pada 11-12 November 2021 dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barri. Uji Kompetensi Wartawan kali ini diikuti oleh 24 peserta se-Jawa Tengah dengan mengujikan tiga jenjang, muda, madya, dan utama.

Untuk itu, Gus Hanies (panggilan Mochamad Hanies Cholil Barri) dengan adanya UKW, diharapkan wartawan akan memberikan informasi lebih profesional, dalam menyajikan berita sehngga masyarakat dapat informasi yang terpercaya.

‘’Saya kira tujuan besarnya penyelenggaraan UKW seperti itu. Arus informasi akan lebih terpercaya. Masyarakat lebih bisa memilih informasi yang terpercaya,’’ ujarnya.

Gus Hanies juga menyampaikan, Pemkab Rembang mengapresiasi kegiatan UKW yang diselenggarakan PWI Jateng bekerjasama dengan PT Semen Gresik.

‘’Informasi yang disampaikan wartawan tetap akan mempengaruhi pembangunan pemerintah daerah. Kami yakin, dengan adanya UKW ini informasi yang disampaikan kepada masyarakat semakin terpercaya,’’ tandasnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik, Gatot Mardiana menambahkan penyelenggaraan UKW kali ini adalah keempat kalinya Semen Gresik bermitra dengan PWI Jateng.

‘’Semen Gresik melakukan hal ini dalam rangka untuk mendukung pengembangan kompetensi wartawan se -Jateng. Wartawan adalah salah satu pilar demokrasi, untuk itu harus memiliki kompetensi yang mumpuni,’’ kata Gatot.

Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS menambahkan, UKW adalah mahkota profesi organisasi. Profesionalitas tidak hanya dimaknai sekeping pemahaman kompetensi teknis. Profesionalisme harus dilengkapi dengan kompetensi etis.

“UKW bisa dikatakan sebagai program senyap namun dirasakan betul oleh anggota PWI di Jateng. Dengan penyelenggaraan UKW mendorong para wartawan meningkatkan profesionalitasnya,” ujarnya.

Kerjasama PWI Jateng dengan PT Semen Gresik dipenyelenggaraan UKW kali ini akan menggema sepanjang masa bagi para wartawan yang mengikuti kegiatan ini.

‘’Kontribusi Semen Gresik akan dirasakan sampai kapan pun oleh kawan-kawan yang nantinya memimpin media-media sebagai pemred. ‘’Terima kasih atas kerja sama yang dilakukan selama ini,’’ tandas Amir Machmud.

Amir juga menjelaskan UKW Rembang ini adalah kegiatan yang ke-21 selama dirinya menjadi ketua PWI Jateng. Sementara itu Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Tedjo menjelaskan, secara nasional Dewan Pers sudah menyelanggarakan UKW 560 kali sejak Tahun 2011.

‘’Penyelenggaraan sebanyak itu dari kemitraan-kemitraan  yang dilakukan oleh PWI berbagai provinsi. Baik kemitraan dari perusahaan, pemprov, pemkab atau pemkot’’ Ungkap Sasongko Tedjo. (Nn)

Halaman ini telah dilihat: 11 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *