Loka Karya Mini Lintas Sektoral, Kades Keluhkan Pelayanan Kesehatan

BREBES (iPOLICENews) – Pelayanan kesehatan di Puskesmas di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, dikeluhkan warga. Keluhan itu mencuat saat digelar Loka Karya Mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan Kecamatan Bantarkawung, Rabu 25 November 2021.

Kepala Desa Tambakserang, Usef Asikin mengungkapkan, dirinya merasakan sendiri kurang baiknya pelayanan kesehatan di pusat kesehatan masyarakat tersebut.

“Saya merasakan sendiri, membawa warga sakit sampai di Puskesmas bukan disambut malah suruh gendong pasiennya supaya dibawa ke ruangan,” katanya.

Menurutnya, Puskesmas seharusnya memiliki standar pelayanan terhadap pasien darurat. Petugas juga mesti lebih ramah dalam melayani setiap pasien tanpa membeda-bedakan.

“Benar-benar berbeda pelayanannya dengan Puskesmas di kabupaten lain, yang ramah dan responsif terhadap keluhan warga,” tutur Usef.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sri Gunadi yang memimpin loka karya tersebut menanggapi adanya keluhan salah satu Kepala Desa itu. Pihaknya mengakui sulitnya merubah perilaku pelayanan dan memerlukan waktu untuk merubahnya.

“Ini memang pekerjaan rumah atau PR buat kita, untuk meningkatkan pelayanan,” ucapnya.

Dikatakan, masalah pelayanan berkaitan dengan masalah akreditasi, karenanya pihaknya akan mengingatkan kepada Puskesmas untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanannya menjadi lebih baik.

“Akreditasi harus lebih baik, di antaranya masalah pelayanan harus ditingkatkan,” tegas Gunadi.

Loka Karya Mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan Kecamatan Bantarkawung diikuti oleh Forkompimcam Bantarkawung dan para Kades. Loka karya membahas beberapa masalah kesehatan, seperti vaksinasi, jambaninsasi atau perilaku BAB warga dan lainnya. (AL)

Halaman ini telah dilihat: 133 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *