Desa Karang Adakan Musdesus BLT DD Jadi 15 Bulan

BREBES (iPOLICENews) – Pemerintah Desa (Pemdes) Karangpari Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes memberikan tambahan bantuan langsung tunai (BLT) pada 14 warganya. BLT yang semula sampai 12 bulan ditambah menjadi 15 bulan. Penambahan atau top up BLT DD ini diputuskan melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) penetapan calon penerima BLT DD, Rabu (01/12/21).

Kepala Desa Karangpari Fitriyani SSos mengatakan, sesuai dengan kebijakan pemerintah provinsi semua desa di Jawa Tengah agar memberikan tambahan BLT DD menjadi 15 bulan untuk warga dengan kriteria miskin ekstrim.

“Penambahan menjadi 15 bulan untuk warga dengan kriteria khusus ini imbas dari adanya kemiskinan khusus,” katanya.

Menurutnya, keluarga penerima manfaat (KPM) BLT DD Karangpari ada 100 penerima. Dari KPM tersebut 14 di antaranya masuk daftar top up BLT DD sesuai hasil Musdesus.

“Top up untuk 14 KPM tersebut sesuai dengan persyaratan kemiskinan ekstrim, yakni warga tidak memiliki jamban, rumahnya bilik, lantai maaih tanah dan penghasilan kurang dari Rp 17 ribu per hari,” terang Fitriyani.

Dikatakan, tiap KPM menerima BLT DD sebesar Rp 300 ribu perbulan selama satu tahun. Bagi KPM yang mendapat top up ditambah tiga bulan dan diberikan di bulan bulan Desember ini.

“Batas akhir pencairan tanggal 3 Desember ini baik yang reguler maupun yang top up,” ucapnya.

Musdesus dihadiri seluruh unsur lembaga desa, BPD, LPM, ketua RT dan RW serta lainnya. Musdes dipimpin langsung Kepala Desa dan dihadiri juga perwakilan dari kantor Kecamatan Bantarkawung. (AL)

Halaman ini telah dilihat: 79 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *