Yuspahruddin Lantik 288 Notaris Wilayah Jawa Tengah

SEMARANG (iPOLICENews) – Sebanyak 288 orang notaris di Jawa Tengah mengikuti pelantikan yang dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin di Metro Hotel Kota Semarang, Selasa (30/11/2021).

Menurut Yuspahruddin, ada 288 orang notaris yang dilantik dari seluruh Jawa Tengah. Dari jumlah tersebut, 27 orang diantaranya merupakan anggota majelis pengawas di 3 daerah, yakni daerah Kendal, Sragen dan Kudus.

“Hari ini banyak sekali yang kita lantik dengan jumlah total ada 288 orang,” kata Yuspahruddin.

Dikatakan, notaris adalah pejabat umum yang luar biasa. “Mereka bekerja harus jujur, penuh tanggung jawab,” tukasnya.

Disampaikan bahwa seorang notaris menjalankan tugas setelah diambil sumpah jabatan melalui pelantikan. Yuspahruddin berharap mereka mampu mempertanggung jawabkan tugasnya yang luar biasa itu.

Ditambahkan bahwa untuk saat ini kuota notaris di Kota Semarang sudah habis. Karena yang menentukan adalah dari pusat.

Sementara itu Ketua Pengwil Ikatan Notaris Indonesia Jateng, Widhi Handoko mengatakan, pelantikan kali ini adalah yang terbesar. Karena diikuti oleh 288 orang, yang mana biasanya hanya diikuti kurang dari 100 orang.

“Notaris merupakan pejabat negara atau pejabat publik yang membantu tugas negara. Dengan dilantiknya banyak notaris di Jateng, negara akan diringankan dalam banyak pekerjaan,” ungkap Widhi.

Disebutkan bahwa notaris sesuai UU No. 24 tahun 2009 merupakan pejabat yang menjalankan tugas jabatan negara, dan salah satu simbol yang bisa digunakan notaris adalah simbol negara yang hanya digunakan 13 pejabat, salah satunya adalah notaris.

“Kehadiran notaris sangat dibutuhkan masyarakat karena notaris mempunyai tugas membuat akta otentik, yĆ itu membuat alat bukti yang dibutuhkan di kemudian hari oleh para pihak,” tuturnya.

“Kita juga sudah merancang suatu konsep e-notaris sistem, jadi kedepan kita akan menerapkan notaris memakai digital, yang mana nantinya masyarakat tidak perlu menghadap langsung, namun bisa melalui online sesuai arahan Presiden Joko Widodo,” ungkapnya.

“Sepanjang saya menjadi Ketua Pengwil Jawa Tengah, notaris di Jateng adalah yang terdepan. Kita menatanya sesuai arahan Presiden Jokowi.

Disebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan MoU dengan Polda Jateng hingga ke Polsek-polsek, juga Kejaksaan.

Diketahui hingga sekarang untuk anggota notaris di Jateng telah mencapai 2500. Widhi berharap notaris di jateng selalu ada harmonisasi. (Nn)

Halaman ini telah dilihat: 31 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *