Hujan Lebat Mengancam Sebagian Besar Wilayah Indonesia

JAKARTA (iPOLICENews) – BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Sabtu, 6 Januari 2024, yang menunjukkan bahwa hampir seluruh wilayah Indonesia akan mengalami hujan, baik ringan, sedang, maupun lebat. Hanya Bali, NTB, dan NTT yang masih berpeluang cerah berawan.

Hujan lebat berpotensi terjadi di Sumatra Barat, Riau, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Hujan sedang berpotensi terjadi di Lampung, Sumatra Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatra Utara, Aceh, Yogyakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Gorontalo. Hujan ringan berpotensi terjadi di sisanya.

BMKG juga mengeluarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat dengan potensi wilayah terdampak berstatus Siaga di Sumatra Selatan. Hal ini disebabkan oleh adanya potensi banjir, tanah longsor, dan genangan air di daerah tersebut.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari timur laut-timur dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan 4-20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, perairan Kepulauan Anambas, perairan Kepulauan Natuna, perairan Kepulauan Sangihe, dan perairan Kepulauan Talaud.

Gelombang dengan ketinggian 2,5 sampai 4 meter berpotensi di wilayah Laut Natuna utara dan Samudra Hindia barat Kepulauan Nias hingga Bengkulu. BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada dan mengikuti perkembangan cuaca terkini. (TMP/RS/IPN)

Halaman ini telah dilihat: 16 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *