Kecelakaan Kereta Api di Bandung Picu Keterlambatan Tiga KA Jarak Jauh

BANDUNG (iPOLICENews) – Tiga kereta api jarak jauh yang berangkat dari Bandung menuju Surabaya dan Malang mengalami keterlambatan perjalanan hingga 100 menit. Hal ini disebabkan oleh kecelakaan kereta api yang terjadi di lintas Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung, pada Jumat, 5 Januari 2024.

Kecelakaan tersebut melibatkan KA Turangga dan Kereta Lokal Bandung Raya yang bertabrakan di KM 181+700 sekitar pukul 06.03 WIB. Akibatnya, jalur kereta api di petak jalan Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka tidak dapat dilalui hingga sore hari.

Kereta api yang terdampak keterlambatan adalah Argo Wilis, Kereta Pasundan, dan kereta tambahan yang semuanya berrelasi Bandung – Surabaya Gubeng. Pola operasi perjalanan kereta api diubah sementara untuk mengantisipasi gangguan tersebut.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo, menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan yang dialami. Ia mengatakan bahwa KAI bersama pihak terkait terus berupaya untuk menormalkan jalur dan operasional kereta api secepat mungkin.

“Keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan kereta api adalah prioritas kami. KAI terus berupaya untuk mengurangi kelambatan yang terjadi sehingga perjalanan kereta api dapat kembali normal,” ujar Kuswardojo, Jumat petang.

Selain itu, KAI juga memberikan kompensasi kepada pelanggan yang terkena dampak keterlambatan. Kompensasi tersebut berupa service recovery sesuai dengan aturan yang berlaku dan pengembalian biaya tiket sebesar 100 persen. (TMP/RS/IPN)

Halaman ini telah dilihat: 15 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *