Mengenal Teknologi Eco Idle Pada Daihatsu Terios

TEKNOLOGI (iPOLICENews) – Daihatsu Pabrikan mobil dari Jepang mengenalkan teknologi barunya pada pasar Indonesia, teknologi ini dinamai dengan Eco Idle.

Eco Idle adalah teknologi yang membuat mesin mati secara otomatis ketika kendaraan berhenti saat macet atau lampu merah untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

lalu bagaiman cara kerja eco idle? Eco Idle akan aktiv saat mesin di nyalakan dan mobil mulai berjalan (>10 KM/Jam). jika Eco Idle sudah aktiv maka indikator pada spedometer akan menyala hijau yang menandakan eco idle siap bekerja.

Pada sistem transmisi AT (automatic) Sistem Eco Idle akan bekerja ketika tuas transmisi di posisi 0 atau N (netral), injak pedal rem dan tahan, sedangkan pada sistem transmisi MT (Manual) pengemudi hanya perlu memindahkan Transmini ke N (Netral) lalu lepas pedal kopling.

Saat Eco Idle bekerja mesin akan mati dan akan ditampilkan pada indikator MID, tapi tenang walau mesin mati blower AC dan kelistrikan tetap berfungsi, jadi tetap nyaman didalam mobil.

Eco Idle berhenti bekerja dan mesin mobil akan menyala lagi ketika Pedal rem di release (Sistem transmisi AT) dan Pedal Kopling di injak kembali (Sistem transmini MT), atau jika suhu kabin memanas, mesin akan menyala dan kontol AC otomatis akan menyala untuk mendinginkan suhu kabin.

Kita juga dapat menonaktifkan Eco Idle dengan mudah yakni pengemudi tinggal menekan tombol Eco Idle off pada panel dekat start engine, lalu indiator di spedometer akan berwarna kuning, yang menandakan Eco Idle dinonaktifkan.

lalu juga ada beberapa Kondisi yang memungkinkan Eco Idle tidak bekerja, diantaranya, tuas transmisi di gerak- gerakan saat berhenti, pengemudi tidak memakai seat belt, pintu pengemudi terbuka/tidak rapat, stir diputar-putar saat berhenti, voltase aki drop, abnormaly pada ECU, suhu kabin tinggi, temperatur mesin tinggi, kontur jalan miring sehingga mobil tidak berhenti sempurna dan mobil belum melewati kecepatan 10 KM/Jam. (R)

Halaman ini telah dilihat: 55 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *