THE BRANDALS YANG “BELUM PADAM”

MUSIC (iPOLICENews) – Bulan Maret 2021 lalu band indie asal Jakarta, The Brandals merilis single terbaru berjudul “Belum Padam”. Single ini adalah single ketiga The Brandals dalam kurun waktu 2018-2021, yakni “Retorika” di tahun 2018 dan “The Truth Is Coming Back” di tahun 2020.

Single “Belum Padam” merupakan bagian dari persiapan untuk merilis album terbaru setelah beberapa tahun lamanya mereka vakum. Lagu ini berusaha menceritakan tentang apa yang terjadi dengan The Brandals selama masa kevakuman mereka dan sebuah bukti kepada para penggemarnya bahwa The Brandals masih ada, tetap eksis, tetap galak dengan musik rock n’ roll mereka.

The Brandals dibentuk akhir 2001 di Jakarta dengan nama The Motives, mereka memilih genre rock n’ roll dengan pengaruh blues rock sebagai acuan musik mereka. Tahun 2003 The Motives berganti nama menjadi The Brandals dan telah merilis empat album, The Brandals (2003), Audio Imperalist (2005), Brandalisme (2007) dan DGNR8 (2011).

The Brandals dikenal dengan lirik-lirik lagu yang bertema sosial, kenyataan hidup sehari-hari yang mereka alami atau mereka saksikan, kritik politik dan enggan berkompromi dengan selera pasar, mungkin hal ini yang membuat mereka lebih nyaman di jalur musik indie sejak awal.

Walaupun demikian, The Brandals pernah bekerja sama dengan raksasa label rekaman WEA Indonesia pada saat merilis album kedua mereka: Audio Imperalist, yang menyebabkan mereka harus sedikit berkompromi dengan keinginan label dan menurunkan idealisme musik mereka. Namun di album ketiga (Brandalisme) mereka kermbali ke jalur indie dengan berada dibawah naungan Aksara Records dan Sinjitos Records di album DGNR8.

Sepanjang perjalanan karirnya The Brandals mengalami gonta ganti personel hingga tahun 2015 drummer original mereka Rully Annash meninggal dunia, kemudian tahun 2020 sang gitaris Tony Dwi Setiaji mengundurkan diri. Kini The Brandals mencoba tetap solid dengan, PM Mulyadi (guitar), Radit Syaharzam (bass), Firman Zaenudin (drums) dan Eka Annash (vocals).

Butuh waktu 1 dekade lamanya bagi The Brandals untuk merealisasikan pembuatan album kelima setelah album terakhir mereka DGRN8 di tahun 2011, namun bukan berarti mereka bubar, kesibukan masing-masing individu dengan pekerjaan, keluarga, masalah internal band, kemudian wafatnya sang drummer dan hengkangnya sang gitaris merupakan sekelumit kendala yang harus dihadapi The Brandals dan memerlukan waktu untuk diselesaikan.

Kini The Brandals telah membuka kembali ‘garasinya’ dan membuktikan bahwa mereka belumlah padam, ”Jadi nggak ada misi tertentu, cuman mungkin misinya mau menyatakan The Brandals masih kenceng lah gitu,” ujar Eka Annash sang vokalis.
Kita tunggu kehadiran album kelima The Brandals yang menurut informasi sudah rampung 90% dan kita lihat se”kenceng” apa  album ini nantinya. (Novri Corne-fans The Brandals)

Halaman ini telah dilihat: 162 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *