Peringatan Hari Juang Kartika, Dandim Tegal Gelar Ziarah

TEGAL (iPOLICENews)– Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, S.E. memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Purakusuma Persada Kabupaten Tegal, Selasa (14/12/2021).

Ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang Kartika TNI AD ke- 76 Tahun 2021 yang bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Bagi TNI AD, Hari Juang Kartika merupakan peringatan mengenang pertempuran Ambarawa yang puncaknya terjadi pada 15 Desember 1945.

Sebelumnya tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Infanteri TNI AD. Pertempuran Ambarawa berlangsung dari tanggal 12 sampai 15 Desember 1945 yang dipimpin Panglima Besar Jenderal Soedirman dan berhasil meraih kemenangan gemilang dengan memukul mundur sekutu dari Ambarawa.

Sebagai bukti sejarah di lokasi pertempuran, dibangun sebuah monumen bernama Monumen Palagan Ambarawa.

Dandim 0712/Tegal mengajak seluruh masyarakat, khususnya prajurit TNI untuk mengingat dan menghormati jasa para pahlawan.

“Para pahlawan memperjuangkan bangsa dan negara yang kita cintai. Perlu disadari bahwa TNI AD merupakan bagian dari suatu kelompok yang tidak dapat terpisahkan oleh rakyat,” ujarnya.

“Karena TNI AD berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, bersama rakyat kita yakin TNI akan kuat,” sambungnya.

Letkol Inf Charlie berharap di Hari Juang TNI AD 2021, TNI Angkatan Darat bersama rakyat membangun, khususnya masyarakat Tegal dan rakyat Indonesia pada umumnya.

Melalui ziarah ini diharapkan dapat menginspirasi generasi penerus dimana semangat juang, semangat kebangsaan para Pahlawan akan selalu melekat di hati setiap insan, dan menjadi kebanggaan sepanjang masa. (Nn)

Halaman ini telah dilihat: 21 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *