Nataru, KAI Tetap Operasikan Kereta dengan Prokes Ketat

SEMARANG (iPOLICENews) – Saat Natal dan Tahun Baru 2022, PT Kereta Api Indonesia (KAI) tetap mengoperasikan kereta api, untuk membantu konektivitas masyarakat yang bepergian dengan aman dan nyaman.

“KAI konsisten menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin pada layanan kereta api sesuai ketentuan dari pemerintah selama masa pandemi Covid-19,” ujar Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro, Jumat (17/12/2021).

Disampaikan, pada periode 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, di wilayah KAI Daop 4 Semarang setiap harinya ada 62 perjalanan KA dengan rincian 52 perjalanan KA jarak jauh, dan 10 perjalanan KA Lokal.

Untuk perjalanan KA jarak jauh, KAI menyediakan rata-rata 72 ribu tiket per hari, guna mengantisipasi kebutuhan masyarakat yang akan bepergian. Sedangkan di wilayah Daop 4 Semarang, tersedia rata rata 6 ribu tiket KA jarak jauh per hari dan 2 ribu tiket KA lokal per hari.

“KAI belum melakukan penambahan perjalanan KA, karena masih mengamati minat dari masyarakat,” jelasnya.

Krisbiyantoro menambahkan, secara umum tiket yang terjual masih dibawah 30% dan diprediksi akan terus bergerak karena penjualan masih berlangsung.

“Adapun rute yang menjadi favorit masyarakat di wilayah Daop 4 Semarang sejauh ini adalah rute dari Semarang menuju Jakarta dan rute dari Semarang menuju Surabaya,” ujarnya.

Menurutnya, tiket KA pada masa Natal dan Tahun Baru 2022 sudah dapat dipesan oleh masyarakat melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Pada masa Nataru 2022 ini, para pegawai KAI juga akan melakukan posko di berbagai daerah. Posko tersebut bertujuan untuk memastikan pelayanan berjalan dengan lancar, protokol kesehatan diterapkan secara disiplin, serta memastikan sarana dan prasarana kereta api dalam kondisi yang andal.

“Tujuannya untuk menghadirkan layanan kereta api di masa Nataru 2022 yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” tambahnya.

KAI juga telah mengintegrasikan aplikasi Peduli Lindungi dengan sistem boarding KAI. Integrasi ini terwujud melalui kerjasama antara KAI dan Kementerian Kesehatan dengan tujuan untuk mempermudah pelanggan, memperlancar proses pemeriksaan dokumen, dan menghindari pemalsuan dokumen.

“KAI menyediakan 80 stasiun yang melayani Rapid Test Antigen di stasiun dengan tarif Rp45.000. Layanan Rapid Test Antigen di stasiun ini untuk membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan KA jarak jauh di masa pandemi Covid-19,” tandasnya.

Untuk wilayah Daop 4 Semarang sendiri, layanan Rapid test Antigen tersedia di 7 stasiun, meliputi Stasiun Tegal, Pekalongan, Weleri, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Ngrombo dan Cepu.

Info selengkapnya terkait layanan Kereta Api, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (Nn)

Halaman ini telah dilihat: 11 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *