Dari Head Chef, Ryan Dipercaya Menjadi Manager Kafe WFH

SEMARANG (iPOLICENews) – Ryan Andang Adie Rivai yang akrab disapa Ryan merupakan chef andalan sekaligus Manager yang bertanggung jawab atas semua ide menu-menu yang ada di Kafe Work Food Happy (WFH) Kota Semarang.

Ryan, pria kelahiran Semarang, 19 Januari 1993 ini lahir dari keluarga wiraswasta. Sejak kecil dia mempunyai hobi main sepak bola dan game PS.

Sebelumnya, Ryan tidak menyangka bisa menjadi orang kepercayaan di Kafe WFH seperti sekarang ini. Namun sebelum bekerja di WFH, Ryan sudah mempunyai banyak pengalaman.

“Dulu awalnya sempet bingung waktu lulus dari SMA, mau lanjut kuliah dimana nih,” kata Ryan kepada iPOLICENews.id, Rabu (1/12/2021).

Ryan menceritakan, waktu itu saat dirinya main ke rumah tetangga, ada temen yang baru pulang dari OJT (On the Job Training) di salah satu hotel berbintang Kota Semarang. Ryan pun menanyakan kepada temannya, habis dari mana mas, dan temannya menjawab ‘balek kerjo neng hotel’ (pulang kerja di hotel).

Dari situ, Ryan mengaku langsung searching. Saat itu juga dia punya keinginan untuk kuliah di perhotelan yang ada di Kota Semarang. Dan kebetulan ada tetangga lain yang menginformasikan ada salah satu pendidikan profesi selama satu tahun untuk perhotelan, yakni di kampus Graha Wisata.

Akhirnya Ryan pun menekuni kuliah di Graha Wisata tersebut. Namun setelah selesai menjalani kuliah, dia merasa bingung harus OJT ambil departmen yang mana. “Setelah saya pikir lebih dalam dan untuk masa tua nanti, akhirnya saya memutuskan ada 2 departemen yang saya pilih,” tukasnya.

“Selanjutnya saya melamar untuk kitchen departmen dan housekeeping departemen. Dan Alhamdulillah saya di terima OJT di kitchen, di Hotel Grand Candi Semarang,” ungkap Ryan.

Setelah lulus dari OJT dan Kampus Graha Wisata, Ryan sempat melalang buana ke luar kota, yakni di Jogjakarta dan Kebumen. Namun akhirnya Ryan pun kembali ke Kota Semarang dan bekerja di Cafe WFH.

Sejak tahun 2020 hingga sekarang, Ryan menjalani kariernya di Kafe WFH yang berlokasi di Jalan Puspowarno Tengah No. 25 Kota Semarang. “Disini saya belajar banyak hal lebih di luar expektasi saya,” tandas Ryan.

Mulanya Ryan melamar menjadi seorang head chef. Namun Ryan dipercaya hingga sekarang menjadi Manager sekaligus chef di Kafe WFH.

Ryan menyatakan banyak terimakasih kepada semua senior-senior yang telah mengajarkan manis pahitnya, dan kerasnya dunia kitchen hingga saat ini. “Memang ada proses dan progres yang harus dilewati,” sela dia.

“Dan di Kafe WFH ini saya yang bertanggung jawab atas semua ide menu-menu yang ada di kafe, dan dibantu oleh captain bar dan captain kitchen yang se- satu visi dan misi, untuk kenyamanan semua customer atau pelanggan yang berkunjung di WFH,” bebernya.

Dahulu, Ryan mempunyai cita-cita ingin mempunyai restaurant fine dinning. Dan sekarang Ryan bisa memilusaha sendiri, yakni bakmi jowo yang dikelola oleh orang tuanya. “Alhamdulillah meski kecil-kecilan di rumah ada usaha bakmi jowo,” imbuhnya.

“Untuk customer WFH, jangan sungkan-sungkan untuk menyapa kami saat berkunjung ke Kafe WFH,” sambung Ryan.

“Jangan ragu untuk memberi saran dan kritik jika ada yang kurang berkenan. Dan bagi customer atau masyarakat yang memerlukan info kuliner, anda bisa follow dan visit ke @workfoodhappy atau ig saya pribadi di @rynadyrv,” imbuhnya. (Nn)

Halaman ini telah dilihat: 96 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *