Psikoedukasi dan Pembentukan Sikap Positif: Peringatan Hari Bhayangkara di SMP Khusus Olahraga Solo

SURAKARTA (iPOLICENews) – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Tim Konselor Polresta Surakarta mengadakan kegiatan psikoedukasi kepada siswa-siswi SMP Khusus Olahraga Solo pada Rabu, 12 Juni 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan pencegahan bullying kepada para pelajar SMP Khusus Olahraga Solo. Materi yang diberikan mencakup topik tentang kesehatan mental, mengelola stres, dan teknik-teknik untuk mengendalikan stres.

Tim konselor juga melibatkan para pelajar dalam berbagai kegiatan, seperti metode butterfly hugs dan diaphragmatic breathing, yang bertujuan untuk mengurangi stres. Selain itu, permainan lempar bola dan tangkap bola juga digunakan untuk mengurangi stres dan meningkatkan kepercayaan diri.

“Hal itu dilakukan untuk mengurangi stress dan mengedukasi anak dalam meningkatkan sikap kerjasama yang baik antar anak,” ujar AKP umi.

AKP Umi Supriati, Kasihumas Polresta Surakarta, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, rasa percaya diri, dan sikap kerjasama yang baik antar anak, sehingga dapat mencegah konflik dan tindakan bullying di lingkungan sekolah.

Dengan demikian, kegiatan psikoedukasi ini tidak hanya memperhatikan kesehatan mental anak di sekolah, tetapi juga membantu mereka untuk mengatasi masalah sendiri dan membuka diri untuk berbicara tentang stres dan keluhan yang mereka hadapi. (Joko s/IPN)

Halaman ini telah dilihat: 7 kali
Mari berbagi:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *